Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha yang Tepat

Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha - Sebelumnya sudah sempat kita bahas mengenai cara menemukan peluang usaha, mulai tuk kancah usaha besar hingga tuk kancah usaha yang lebih kecil. Bahkan tuk beberapa jenis usaha rumahan yang kecil. Peluang usaha dapat berupa banyak hal, dan hingga saat ini tentu Anda sudah memiliki beberapa ide bagaimana tuk memperoleh ide usaha, yang tentu saja harus menguntungkan. Karena itu, cara identifikasi peluang usaha pun jadi hal yang penting berikutnya.
Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha yang Tepat

Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha yang Tepat


Ada beberapa cara mengidentifikasi peluang usaha yang dapat mulai diperhatikan sejak sekarang. Pasalnya meski memiliki ide tuk peluang sebuah usaha yang bagus, masih ada beberapa elemen lain yang harus diperhatikan sebelum mengubah ide tersebut jadi sebuah badan atau jenis usaha yang nantinya dapat mendatangkan banyak keuntungan. Semua elemen tersebut akan dipertimbangkan dalam sebuah proses bernama identifikasi peluang usaha. Identifikasi peluang usaha adalah cara tuk menentukan apakah sebuah usaha yang akan dilakukan nantinya dapat memberikan keuntungan. Atau malah nantinya dapat membawa kerugian.

Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha

Inilah yang jadikan proses indentifikasi peluang usaha jadi begitu penting. Dan ada beberapa elemen yang jadi bagian dari identifikasi peluang usaha ini sendiri. Cara mengindentifikasi peluang usaha ini pun terdapat beberapa cara, yaitu dengan apa yang disebutkan dibawa ini, beberapa diantaranya.
a. Belajar ilmu manajemen,
b. Meminta jasa konsultan manajemen, serta
c. Meminta jasa keluarga dan kenalan yang menguasai bidang usaha.

Selain tiga hal diatas, identifikasi peluang usaha pun memberikan beberapa informasi penting, baik itu informasi intern maupun informasi ekstern. Secara garis besar, informasi tersebut akan memberikan beberapa hal penting mengenai peluang usaha, dan bagaimana melakukan usaha tersebut. Pada tahapan ini pula akan diketahui kelemahan serta hambatan yang akan dapat terjadi bila tetap melakukan usaha dan bisnis tersebut. Tahapan identifikasi ini memang jadi salah satu hal yang paling berpengaruh pada perencanaan bisnis nantinya.

Tuk tahapan ifentifikasi ini, akan ada beberapa informasi yang didapatkan yakni :
a. Di mana ada peluang (opportunity),
b. Apa saja yang mengancam usaha (threat), dan
c. Apakah kelemahan (weakness) yang membatasi atau menghambat kemampuan mencapai sasaran.

0 Response to "Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha yang Tepat"

Post a Comment