Langkah tepat memulai bisnis di saat yang sulit

Langkah tepat memulai bisnis di saat yang sulit ~ Tidak semua bisnis dapat berjalan dengan baik pada saat kondisi ekonomi yang buruk (seperti saat ini dengan isu kenaikan BBM, harga harga bahan kebutuhan pokok sudah naik duluan). Perlu kejelian untuk menemukan sebuah model bisnis yang mampu berjalan di saat resesi ekonomi.

Lalu bagaimana seseorang memulai bisnis baru pada saat ekonomi sulit? Bisa saja namun hanya beberapa bisnis yang mempunyai kinerja yang lebih baik pada kondisi seperti ini.
Langkah tepat memulai bisnis di saat yang sulit

Langkah tepat memulai bisnis di saat yang sulit


Jangan merencanakan bisnis butik pakaian eksklusih, toko kado atau jasa perjalanan wisata (misalnya), karena hal yang saya sebut tadi biasanya merupakan kebutuhan tersier dari seseorang dan tidak terlalu dipentingkan. Hal di bawah ini mungkin beberapa ide yang dapat dimulai oleh anda:

Membuka Toko Barang Bekas
Bila kondisi ekonomi semakin sulit, maka pemandangan masyarakat yang berbelanja pakaian di toko barang bekas atau toko diskon akan menjadi sesuatu yang biasa. Mungkin mereka tidak hanya mencari pakaian, bisa saja orang mencari furniture, peralatan masak ataupun apa saja. Sebelum memulai toko barang bekas, coba pikirkan strategi dan kompetisi di sekitar kita. Banyak juga toko barang bekas yang mendapatkan barang dagangan secara gratis dan mereka sukar untuk disaingi.

Membuka kelas keterampilan
Kenaikan BBM pasti berdampak terhadap bermunculannya pengangguran / PHK dan saya kira kursus atau kelas keterampilan seperti usaha membuat kue, kursus memasak, kursus servis handphone, kursus montir motor dan lain sebagainya akan laku keras. Konsumen anda pasti membutuhkan keterampilan yang dapat mereka jual kembali dan mungkin malah anda melahirkan wirausahawan baru.

Intinya, sebelum memulai usaha, pikirkan bahwa krisis ekonomi akan menyebabkan kondisi dimana masyarakat tertarik untuk menghemat pengeluaran, meninggalkan kebiasaan belanja yang boros, dan mungkin dalam kondisi ekonomi yang mendesak, seseorang bisa saja berpikir untuk menjadi wirausahawan.

0 Response to "Langkah tepat memulai bisnis di saat yang sulit"

Post a Comment