Peluang Bisnis Makanan ala Gerobak bagi Pemula

Peluang Bisnis Makanan ala Gerobak bagi Pemula ~ Menekuni berbagai peluang bisnis di bidang makanan memang menjanjikan untung besar bagi para pelakunya. Terbukti gak hanya pengusaha bermodal besar saja yang mulai berlomba menekuni bisnis makanan, namun para pengusaha bermodal minim pun juga memiliki minat yang kuat tuk meraup keuntungan dari peluang bisnis ini. Dan salah satu alternatif yang ketika ini banyak dijalankan para pengusaha yaitu peluang bisnis makanan ala gerobak.
Peluang Bisnis Makanan ala Gerobak bagi Pemula

Peluang Bisnis Makanan ala Gerobak bagi Pemula

Target Pasar
Yang menjadi sasaran bisnis makanan ala gerobak ini rata-rata ialah masyarakat dari kalangan menengah kebawah. Hal ini disebabkan harga makanan yang ditawarkan biasanya jauh lebih murah dari makanan yang ada di restoran atau rumah makan pada umumnya.

Memulai Bisnis Makanan Gerobak
Seperti halnya bisnis lainnya yang membutuhkan modal besar, bisnis makanan ala gerobak juga membutuhkan beberapa persiapan sebelum memulai usaha. Persiapan yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut :
  1. Pilih menu makanan yang memang cocok ditawarkan dengan menggunakan gerobak. Seperti siomay,bakso, mie ayam, soto, ketoprak, nasi goreng, empek-empek, bubur ayam, sate ayam, serta masih banyak lagi lainnya. Agar menarik konsumen, tawarkan sesuatu yang khas atau unik pada produk Anda.
  2. Mengumpulkan berbagai informasi yang berhubungan dengan ide bisnis yang akan Anda jalankan. Misalnya mencari informasi tentang resep cara pembuatan makanan, jumlah modal yang dibutuhkan, harga produk yang ada di pasaran, besarnya persaingan pasar, dll.
  3. Mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan tuk modal usaha. tuk menjalankan usaha makanan dengan gerobak, peralatan yang paling penting ialah gerobak yang menarik, alat masak (kompor/tungku, wajan, atau panci), serta alat makan (piring/mangkok, gelas, sendok dan garpu).
  4. Memilih lokasi usaha yang strategis. Walaupun bisnis makanan ala gerobak gak membutuhkan tempat usaha yang permanen, namun sebaiknya Anda menentukan lokasi mana saja yang akan Anda lewati. Misalnya seperti di kawasan pemukiman padat penduduk, sekolah, kampus, perkantoran, pasar, serta tempat ramai lainnya asalkan gak mengganggu ketertiban.
  5. Rasa dan penyajian produk yang baik. Agar cita rasa makanan yang Anda tawarkan terjamin kualitasnya, hal yang paling penting ialah memilih bahan baku yang benar-benar segar. Usahakan tuk belanja bahan baku setiap hari, sehingga bahan yang digunakan kondisinya masih bagus.
Keuntungan bisnis makanan gerobak
Menjalankan bisnis makanan dengan gerobak tentunya memberikan banyak keuntungan bagi para pelakunya, mulai dari modal awal yang relatif terjangkau, mobilitasnya yang cukup tinggi sebab gerobak mudah dipindahkan tuk mencari lokasi yang strategis, masa kembali modal lebih cepat daripada bisnis makanan lainnya. Serta bisa dijadikan sebagai salah satu peluang usaha jangka panjang, sebab banyak pengusaha makanan ala gerobak yang ketika ini sukses membuka restoran atau warung makan hingga mengembangkannya dengan sistem kemitraan.

Kendala bisnis makanan gerobak
Disamping memberikan banyak kelebihan, menjalankan usaha makanan ala gerobak ternyata memiliki resiko bisnis yang terkadang menghambat jalannya usaha. Masalah yang sering dialami yaitu adanya kemungkinan terkena penertiban petugas tramtib. Oleh sebab itu bagi Anda yang berjualan di sekitar pasar atau pusat keramaian lainnya, perhatikan lokasi mana saja yang gak diperbolehkan tuk berdagang. Sehingga Anda gak repot dikejar-kejar para petugas tramtib.

Strategi Pemasaran Bisnis Makanan Gerobak
Strategi pemasaran yang paling efektif tuk bisnis ini ialah mempromosikannya dari mulut ke mulut. Strategi ini akan lebih mudah jika usaha yang Anda jalankan memiliki keunikan tersendiri dan cita rasa yang ditawarkan memberikan kepuasan kepada para pelanggan. Selanjutnya Anda juga perlu membangun brand image tuk menciptakan loyalitas konsumen, salah satunya dengan menciptakan cirri khas tertentu Agar bisnis Anda mudah dikenali masyarakat luas. Contohnya saja seperti para pedagang bakso yang identik dengan suara khas dari mangkoknya, atau para pedagang sate Madura yang selalu berteriak “te sate” tuk menanamkan image produk pada para konsumennya.

Promosi lainnya dapat dilakukan dengan membuat tampilan gerobak yang menarik. Hal tersebut akan menarik minat konsumen, sehingga mereka penasaran dan tertarik tuk mencoba menu makanan yang Anda tawarkan.

Kunci sukses
Kunci kesuksesan pengusaha makanan ala gerobak dimulai dari langkah yang terencana, dan memberikan terobosan baru baik di bidang pemasaran maupun produk makanan yang ditawarkan. Meskipun bisnis Anda dijalankan dengan gerobak, bukan berarti Anda gak bisa memberikan pelayanan prima bagi para konsumen. Sehingga bisnis yang Anda jalankan gak dianggap remeh oleh konsumen Anda.

0 Response to "Peluang Bisnis Makanan ala Gerobak bagi Pemula"

Post a Comment