Peluang Bisnis budidaya belut yang Menguntungkan

Peluang Bisnis budidaya belut yang Menguntungkan - Belut ialah salah satu jenis hewan yang mempunyai kandungan gizi tinggi ketika di konsumsi. Usaha budidaya belut amat mudah dijalankan sesuai kondisi lahannya. Usaha budidaya belut ini amat menjanjikan keuntungannya .sebab belut pun dapat diekspor ke beberapa negara.

Di indonesia sendiri belut dapat ditemukan di area persawahaan, sebab belut hanya dapat ditemukan di musim tertentu maka ini menjadi peluang bisnis bagi anda, kala ini masyarakat belum bantyak melakukan budidaya belut sebab kurangnya informasi dan pengetahuan tentang budidaya belut ini. Padahal budidaya ini tergolong mudah tuk dijalankan.
Peluang Bisnis budidaya belut yang Menguntungkan

Peluang Bisnis budidaya belut yang Menguntungkan

kala ini belut yang tersedia hanya sekedar hasil tangkapan alam saja, dan kuota yang tersedia belum dapat memenuhi kebutuhan pasar. Itulah sebabnya peluang bisnis budidaya ini patut anda coba. Belut amat digemarai oleh berbagai kalangan,baik anak - anak , muda hingga dewasa. berbagai macam olahan terbuat dari belut, semur belut, kerupuk dan lain sebagainya.  Belut amat bermanfaat bagi tubuh kita, antar lain sebagai sumber protein dan sumber energi.

Cara memulai bisnis budidaya belut

Sebelum memulai bisnis budidaya ini yang haru anda persiapkan ialah kolam. kolam bisa terbuat dari terpal, sebab jenis kolam ini akan menghemat modal anda. Pembudidayaan dengna menggunakan kolam terpal ini amat menguntungkan gak kalah dari kolam tembok. Berikut ini bebrapa yang harus diperhatikan dalam pembuatan kolam terpal tuk budidaya belut:
  1. Pilihlah lokasi yang kaya akan air
  2. tuk ukuran sesuaikan dengan kondisi di sekitarnya, tuk awalan buat 4 unit kolam saja dengan masing - masing berukuran 4 m x 5 m x 1 m.
  3. Masukkan air kedalam kolam ,pastian airnya bersih dan gak mengandung zat yang berbahaya yang dapat mengganggu perkembangan belut.
  4. Tebarkan benih yang berkulitas unggul dengan kepadatan 1.5 kg per m3.

Keuntungan yang didapatkan

Kolam terpal banyak memberikan keuntungan , salah satunya ialah hemat biaya, serta proses panennya akan mudah. sehingga lebih efisien dalam budidaya belut ini. Adapun keuntungan lain budidaya belut ini ialah:
  • Belut cukup mudah berkembang biak di kolam asalkan kolam itu menyerupai habitat aslinya.
  • Selain itu belut pun mempunya daging yang enak serta kaya akan gizi.
  • Belut bisa dibudidayakan dengan tingkat kepadatan yang tinggi.

Perawatan Belut

a. Pemberian Pakan
Dalam memberi pakan belut anda harus punya hitung - hitungan, gak ada hitungan baku perihal pemberian makan ini. Sebaiknya pakan diberikan sebanyak 5 % dari jumlah bibit yang ada. Adapun pakan yang bagus ialah cacing, kecebong, ikan - ikan keccil serta bekicot dan lain sebagainya.
Waktu yang tepat tuk pemberian pakan ini lebih baik pada waktu sore hari sebab biasanya pada sore hari belut mencari makan di alam bebas.

b. Perhatikan Air
Air yang baik amat penting bagi pertumbuhan air itu sendiri, sebaiknya berikan alat tuk mngalirkan air yang menimbulkan percikan supaya air yang ada terus mengalir.

c. Perhatikan lingkunagn sekitar
Anda harus pun memperhatikan kondisi lingkunagn sekitar kolam, jangan sampai hewan pemangsa berada di area kolam seperti ayam,kucing,ular atau lumut yang dapat mengahambat pertumbuhan belut.

Pemasaran Belut

Penikmat belut dari berbagai elemen masyarakat, lebih baik anda menjual ke pedagang -pedagan ikan, keran dengan memasok kepada pedagang anda gak perlu repot tuk menjual satu persatu. lakukan promosi lainnya sepeti di media sosial, memasang banner, menyebar brosur dll.

0 Response to "Peluang Bisnis budidaya belut yang Menguntungkan"

Post a Comment