Peluang Usaha Budidaya Lobster Air Tawar

Peluang Usaha Budidaya Lobster Air Tawar ~ Lobster ialah salah satu olahan hasil laut yang mempunyai citarasa tinggi. Meskipun tuk satu porsi menu masakan lobster dapat dihargai hingga ratusan ribu rupiah, akan tetapi hal itu gak menurunkan minat dari para konsumen tuk membeli dan menikmati sajian yang tergolong sangat mewah itu. Namun, pada kenyataannya pasokan lobster ternyata masih dirasa kurang jika dibandingkan dengan tingkat permintaan pasar yang semakin banyak dari restoran seafood.
Peluang Usaha Budidaya Lobster Air Tawar
Oleh sebab itu, budidaya lobster dapat dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis perikanan dan kelautan yang menjanjikan keuntungan besar bagi Anda yang ingin terjun ke dunia wirausaha. Sekarang ini budidaya lobster dapat dilakukan di sekitaran rumah seperti kolam, bak dan aquarium dengan menggunakan air tawar. Dan yang lebih menguntungkan lagi, saat ini usaha budidaya lobster air tawar itu gak harus menggunakan lahan yang luas.

Konsumen

Lobster air tawar selain dapat dipasarkan sebagai udang konsumsi pun dapat dijadikan sebagai hiasan aquarium yang unik. Hidangan atau menu kuliner lobster ini memiliki banyak penggemar karena dagingnya yang banyak, kenyal dan lezat menjadi keistimewaan tersendiri di lidah konsumen.

Selain itu lobster memiliki kandungan kolesterol yang rendah sehingga cocok dikonsumsi oleh semua orang yang menyukai kuliner seafood. Lobster pun terhitung masih sangat langka, padahal peminatnya sudah semakin meningkat. Karena alasan itulah, gak heran jika lobster banyak dibudidayakan masyarakat, khususnya Indonesia. Pelanggan utama tuk lobster ialah restoran-restoran besar yang menyajikan menu kuliner seafood, hotel berbintang dan lain sebagainya.

Memulai Bisnis

Lobster air tawarBudidaya lobster air tawar sangatlah mudah, dapat dilihat dari badannya yang kokoh, tahan terhadap penyakit dan dapat bertahan dalam segala cuaca. Meskipun demikian, jika Anda memutuskan tuk membudidayakan lobster tentu saja tetap membutuhkan perhitungan yang cukup matang agar mendatangkan keuntungan besar. Karena, peluang usaha budidaya ini cukup luas dan menjanjikan.

Berikut ini ialah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis budidaya lobster air tawar di bak agar para pemula dapat mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Pilih lokasi usaha tuk pemijahan yang mempunyai sumber air cukup dengan pH 6,5-8,5, oksigen terlarut minimal 3 ppm, suhu 24-32 derajat celcius dan pun gak tercemar.
  • Siapkan kolam atau bak tuk induk, pemijahan dan pun tuk penetasan telur.
  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan, misalnya saja seperti water heater atau lampu pemanas, termometer, pompa air dan pun pH kit.
  • Lakukan seleksi induk yang sudah matang gonad (pematangan kelamin). Perbandingan seks rasio antara induk lobster jantan dan betina yaitu 1 : 3.

Keuntungan Bisnis

Budidaya lobster air tawar ialah salah satu jenis usaha yang dapat ditekuni. Harga jualnya yang cukup tinggi sekitar 100 – 200 ribu rupiah per kilogramnya membuat budidaya lobster air tawar menjanjikan keuntungan besar bagi pelaku usahanya jika dilakukan dengan tekun dan teknik yang benar.

Beberapa keunggulan lobster air tawar itu diantaranya yaitu :
  • Lobster air tawar dapat dibudidayakan lebih mudah jika dibandingkan dengan lobster laut.
  • Pertumbuhan tuk lobster air tawar relatif lebih cepat.
  • Kandungan lemak atau kolesterol dalam lobster air tawar sangat rendah yaitu kurang dari 2%. Selain itu, lobster air tawar pun mengandung selenium yaitu antioksidan yang berfungsi tuk menghindari penyakit jantung koroner. Lobster air tawar menjadi sumber yodium, zink, asam lemak omega 3, kalsium, magnesium dan fosfor.
  • Tekstur dagingnya yang halus dan kenayal serta cita rasanya yang lezat sangat menggugah selera sehingga menjadikan lobster memiliki banyak penggemar.

Hambatan Bisnis

Budidaya lobster air tawar memang gak begitu sulit karena dapat dilakukan dimana saja seperti bak, kolam tanah, aquarium, kolam terpal dan lain sebagainya. Meskipun demikian, ada beberapa kendala yang sering terjadi dalam budidaya lobster ini dan perlu Anda ketahui.
  • Harga jual tuk lobster gak stabil, apalagi jika produksi berlebih.
  • Ketersediaan induk yang berkualitas baik masih sangat terbatas dan harganya pun cukup mahal.
  • Hasil produksi lobster gak dapat dipasarkan di pasar lokal secara langsung apalagi dalam jumlah besar karena harganya yang memang relatif tinggi. Biasanya hasil produksi di pasarkan di tempat-tempat yang memang membutuhkan seperti restoran seafood, hotel dan tempat lain yang menyajikan menu kuliner lobster.

Strategi Pemasaran

Olahan lobsterPada tingkat konsumen akhir seperti pembeli eceran, pasar, rumah tangga dan restoran, lobster tuk konsumsi ini biasanya dihargai antara Rp 120.000,00 – Rp 200.000,00 setiap kilogramnya dengan isi sekitar 8 ekor lobster. Selama lobster-lobster itu masih dijadikan sebagai bahan tuk konsumsi, permintaan tuk berulang akan selalu ada. Sehingga, para petani gak perlu menjual secara ekspor karena kebutuhan lokal saja sudah cukup besar.

Perlu Anda perhatikan bahwa lobster air tawar yang akan telah dipanen dan akan dijual ke konsumen luar kota harus melalui proses pengemasan secara tepat dan baik agar kualitas lobster dapat dipertahankan.

Kunci Sukses

  • Pilihlah induk lobster yang sudah berumur lebih dari 1 tahun yang kemudian akan dipijahkan. Induk itu dapat menghasilkan gonad yang maksimal sehingga benihnya akan lebih baik.
  • Berikan aerasi pada bak pemeliharaan induk guna sebagai tambahan oksigen ke media air. Air yang masuk ke dalam kolam induk pun dapat dibuat dengan sistem resirkulasi.
  • Masukkan induk lobster ke dalam kolam pemijahan. Jika berjalan dengan lancar maka beberapa hari kemudian akan terjadi perkawinan yang dapat menghasilkan kurang lebih 150-4.000 butir telur. Pemijahannya dalam waktu satu tahun terjadi 3 kali.
  • Pisahkan induk lobster dan telur. Telur yang telah dibuahi, biasanya akan menetas dalam jangka waktu 24-36 jam.
  • Berikan pakan yang alami seperti tubifek dan pun rotifer sebanyak 1 % dari beratnya larva.
  • Lakukan pergantian air dalam media pembenihan bersamaan dengan penyiponan, hal itu berfungsi tuk membersihkan sisa pakan.

0 Response to "Peluang Usaha Budidaya Lobster Air Tawar"

Post a Comment