Peluang Usaha Kursus Menjahit

Peluang Usaha Kursus Menjahit - Peluang bisnis dalam bidang busana selalu akan hadir karena tentunya busana merupakan kebutuhan manusia. Trend terkini menunjukkan bahwa busana tidak lagi dipandang sebagai bahan untuk menutup aurat tubuh dan pastinya dari musim ke musim, tahun ke tahun ada pergantian tren berpakaian. Salah satu kemampuan yang paling dasar di bidang busana adalah keahlian menjahit. Kemampuan menjahit pun terkadang merupakan prasyarat untuk bekerja di perusahaan garmen namun tidak tertutup kemungkinan setelah mengikuti kursus menjahit, konsumen bisa membuka sendiri usaha busana.
Peluang Usaha Kursus Menjahit
Usaha kursus menjahit akan selalu ada konsumennya dan Anda pun bisa membuka kursus menjahit namun dengan syarat Anda harus memiliki keterampilan menjahit! Anda tidak perlu menjadi seorang pakar dalam bidang menjahit dan bila memang Anda tidak memiliki keterampilan menjahit bisa saja Anda mengambil kursus dulu dibidang menjahit.

Menjahit termasuk keterampilan sehingga mungkin dalam kursus ini praktek lebih banyak dibanding dengan teori. Untuk bahan ajar bisa saja Anda susun sendiri atau mencai literatur di toko buku.  Gambaran hasil akhir pelatihan antara lain menghasilkan siswa yang mampu mengukur pakaian, menggambar pola pakaian, memotong bahan pakaian, menjahit pakaian. Sudah cukup banyak buku tentang teori menjahit atau aplikasi menjahit baju, tinggal Anda kemas ulang materi teori tersebut dan ditampilkan kembali dalam sebuah buku petunjuk yang bisa dibawa pulang oleh siswa kursus.

Hal yang harus dipertimbangkan adalah tempat atau lokasi untuk kursus menjahit. Jika memang ingin membuka usaha di rumah sendiri mungkin sangat bijak kalau ruangan ini tidak digunakan oleh aktivitas lain dan memang dikhususkan untuk menjahit. Pikirkan saja repotnya menggeser-geser meja. Jika kita tidak memiliki ruangan, kita bisa menyewa ruangan yang strategis dijangkau konsumen. Ruangan yang kita sewa kelak khusus menyelenggarakan program kursus menjahit.

Langkah berikutnya adalah mempersiapkan prasana dan peralatan yang diperlukan. Sesuaikan peralatan dengan jumlah siswa yang Anda akan ajar per sesi. Untuk tahap awal kita bisa memulai dengan 3-5 siswa terlebih dahulu dengan lama pertemuan 2-3 jam per sesi namun sebetulnya itu hanya gambaran teknis yang bisa dikondisikan dengan kondisi lapangan.

Berbicara mengenai prasarana, modal utamanya memang perlu membeli mesin jahit namun jika modal terbatas bisa saja kita membeli mesin jahit bekas. Salah satu hal yang penting adalah mempersiap peralatan agar siap digunakan setiap saat. Perlengkapan yang dibutuhkan antara lain, gunting, benang, bahan kain, mesin setrika dan lain-lain). Semua bahan ditempatkan di tempat yang teratur dan dinamai dengan jelas agar nanti bila diperlukan dapat mudah diakses.

Usaha kursus Anda bisa dibuat menarik dengan melakukan modifikasi pada penataan ruangan Anda. Sebagai contoh pajanglah beberapa sampel hasil jahitan di salah satu dinding karena mungkin akan membuat konsumen tertarik untuk kursus di tempat Anda. Pajangan hasil kreasi jahitan bisa dibuat dengan display menarik.

Untuk mencari konsumen jasa kursus Anda berarti Anda harus melakukan promosi. Langkah promosi antara lain memasang iklan di koran, membuat spanduk dan memasangnya di tempat strategis. Bila Ana aktif dalam perkumpulan atau organisasi, Anda bisa mempromosikan usaha Anda, jangan lupa membawa kartu nama usaha Anda sebagai media promosi ya!

Terakhir, untuk menentukan tarif di kursus menjahit, Anda bisa melakukan perbandingan terlebih dahulu dengan pesaing Anda karena kursus merupakan kursus yang umum ditemui. Walau Anda menetapkan tarif murah dalam usaha Anda, usahakan tetap mengutamakan kenyamanan konsumen, kualitas pendidikan dan tentunya tetap menguntungkan bagi Anda.

0 Response to "Peluang Usaha Kursus Menjahit"

Post a Comment